Kenali Cara Kerja Payment Gateway untuk Bisnis Anda

Cara Kerja Payment Gateway untuk Bisnis

Tren bisnis semakin berkembang. Jika dahulu bisnis harus door to door atau tatap muka di suatu tempat, kini hal tersebut tak perlu lagi dilakukan. Baik pebisnis maupun pelanggan beralih kepada bisnis online. Bisnis yang dapat dilakukan di mana saja. Begitu pula sistem pembayaran yang menggunakan payment gateway. Cara kerja payment gateway yang lebih sederhana menjadi pilihan pebisnis.

Namun, tahukah Anda apa itu payment gateway? Secara garis besar, payment gateway adalah sebuah sistem mengenai transaksi online untuk otorisasi pembayaran. Proses pembayaran bisa digunakan berbagai metode pembayaran seperti transfer bank, virtual account, kartu kredit, kartu debit, e-wallet seperti OVO, Link Aja, atau ShopeePay.

Anda tidak hanya mengerti definisi dari payment gateway, nantinya Anda perlu mengetahui juga cara kerja payment gateway. Hal ini perlu dilakukan agar memahami proses transaksi dari pebisnis hingga pelanggan. Maka di bawah ini adalah penjelasan mengenai cara kerja payment gateway.

Cara Kerja Payment Gateway

 

  1. Pelanggan mencari, memilah, kemudian memilih produk yang diinginkan di toko online.
  2. Lalu, pelanggan akan memilih metode pembayaran yang disediakan. Ada berbagai metode pembayaran mulai dari transfer bank, kartu kredit, kartu debit, gerai ritel, hingga e-wallet seperti OVO, Link Aja, atau ShopeePay.
  3. Setelah menentukan metode pembayaran, pelanggan mengisi informasi yang dibutuhkan. Nantinya, informasi tersebut diteruskan kepada payment gateway.
  4. Informasi tersebut akan dilanjut ke payment processor.
  5. Dari payment processor, informasi akan diteruskan kepada asosiasi atau pihak bank agar mereka mengetahui jenis kartu yang digunakan pelanggan. Apakah menggunakan Mastercard atau Visa.
  6. Pihak bank akan memproses. Hasilnya berupa kode khusus yang akan diberikan kepada payment processor.
  7. Kode khusus yang diperoleh payment processor sebagai bukti bahwa transaksi yang Anda lakukan berhasil atau tidak.
  8. Payment processor akan meneruskan informasi tersebut kepada payment gateway atau gerbang pembayaran.
  9. Dari payment gateway, informasi akan diteruskan ke pemilik bisnis. Maka, pemilik bisnis akan menerima pembayaran dan pelanggan akan menerima produk. Selesai.

Sejak tahun 2015, Xendit hadir untuk membantu kebutuhan bisnis baik dari skala kecil hingga skala besar. Fitur-fitur yang dihadirkan oleh Xendit sesuai untuk menjawab kebutuhan baik pemilik bisnis maupun pelanggan.

Sistem pendeteksi fraud bisa Anda gunakan dengan memanfaatkan xenshield. Ketika banyak tagihan yang bertumpuk, Anda bisa menggunakan xeninvoice. Bahkan, yang menarik adalah Anda bisa mengirim dana dengan cepat dan mudah, sekali namun mencakup ribuan transaksi, dengan menggunakan xenpayout.

Fitur yang beraneka ragam membuat Anda tidak perlu khawatir dalam bisnis Anda. Fungsikan toko online Anda dengan Xendit agar penjualan produk makin meningkat dan bisnis kian berkembang.

Menerima pembayaran sesuai dengan preferensi pelanggan dapat meningkatkan penjualan bagi bisnis Anda. Dengan Xendit, Anda dapat menerima pembayaran melalui e-wallet, virtual account (transfer bank), kartu kredit/debit, gerai retail dan cicilan tanpa kartu kredit.

Pembayaran melalui e-wallet dan mobile banking semakin digemari di Indonesia. Mulai terima pembayaran dari semua aplikasi e-wallet dan mobile banking di Indonesia dengan QRIS. Xendit dapat membantu Anda membuat QR Code statis dan dinamis untuk menerima pembayaran dari pelanggan di merchant online maupun offline.

Daftar sekarang tanpa dikenakan biaya pengaturan dan perawatan, hanya bayar sesuai penggunaan. Cari tahu selengkapnya mengenai Payment Gateway Terbaik di website kami atau segera daftar dan coba demo gratis Xendit sekarang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *