Cara Membuat Stiker WhatsApp di Android

WhatsApp terus selalu mengembangkan fitur-fitur dalam aplikasi untuk memberikan kenyamanan pada penggunanya dalam berkirim pesan. Salah satu fitur yang saat ini menjadi unggulan pada aplikasi WhatsApp adalah fitur membuat stiker sendiri. Cara membuat stiker WhatsApp pun sangat mudah dan dapat langsung dibagikan melalui chatting ke teman ataupun grup obrolan di aplikasi WhatsApp.

Walaupun cara membuat stiker pada WhatsApp dapat dikatakan mudah, Anda perlu mengunduh beberapa aplikasi tambahan agar stiker tampak terlihat lebih bagus. Fitur stiker ini dapat digunakan pada seluruh operasi sistem perangkat ponsel atau komputer. Dengan adanya fitur stiker ini, Anda dapat merasakan pengalaman berkomunikasi yang lebih seru.

Stiker WhatsApp vs Stiker Line

Mungkin Anda telah mengetahui jika WhatsApp dan Line adalah dua platform komunikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Line memang memiliki ukuran file yang cukup besar karena lebih memiliki banyak fitur tambahan di dalam aplikasinya, seperti stiker atau timeline. Sedangkan WhatsApp memiliki ukuran file yang lebih kecil karena tampilan aplikasinya yang simpel dan hanya untuk chating saja.

Tapi saat ini WhatsApp telah membuat fitur yang mengadaptasi dari fitur yang dimiliki Line. Perbedaanya, pada WhatsApp stiker dapat Anda mengkreasikan stiker sesuai keinginan Anda sendiri. Anda dapat membuat stiker dengan foto Anda sendiri atau stiker dengan foto orang lain. Adapun beberapa keunggulan stiker WhatsApp dibandingkan dengan stiker Line, yaitu.

  • Stiker pada Aplikasi WhatsApp Gratis

Pada WhatsApp terdapat beberapa template stiker yang telah tersedia dengan gratis. Anda hanya cukup mengunduhnya dan setelah itu Anda telah bisa menggunakan stiker tersebut. Berbeda pada aplikasi Line yang beberapa stiker nya harus melakukan pembayaran terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Walaupun memang stiker Line lebih bervariasi dibandingkan WhatsApp.

  • Membuat Stiker Sendiri

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat menggunakan semua stiker di aplikasi WhatsApp dengan gratis. Anda dapat mengunduh pada template yang telah disediakan atau membuat stiker Anda sendiri. Untuk membuat stiker sendiri, Anda perlu memiliki beberapa aplikasi tambahan seperti aplikasi foto editing dan aplikasi untuk mengunggah stiker tersebut.

  • Dapat Menyalin Stiker WhatsApp

Selain dapat digunakan dengan gratis, Anda juga dapat menyalin stiker WhatsApp dari pengguna lainnya. Cara cukup mudah, Anda hanya perlu memberi tanda bintang pada stiker yang ingin Anda salin. Setelah itu stiker akan muncul secara otomatis pada daftar koleksi stiker yang Anda miliki dan dapat digunakan berulang kali.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Salah satu kelebihan dari aplikasi WhatsApp adalah dapat menggunakan stiker dengan gratis dan dapat dikreasikan sesuai keinginan Anda. Untuk membuat stiker tersebut terdapat beberapa tahapan agar stiker yang Anda buat menjadi keren. Berikut adalah cara buat stiker WhatsApp yang tentunya sangat mudah untuk dipahami.

  • Mempersiapkan Foto yang Ingin Digunakan untuk Stiker

Sebelum membuat stiker, tentunya Anda perlu mempersiapkan beberapa foto yang ingin Anda buat menjadi stiker WhatsApp. Anda dapat menyiapkan 3 foto atau lebih untuk dilakukan editing menjadi stiker, karena WhatsApp mengharuskan minimal 3 stiker yang dapat ditambahkan ke dalam aplikasinya.

  • Menghilangkan Latar Belakang Foto

Foto yang telah dipersiapkan tadi perlu dihapus latar belakangnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi Background Eraser yang telah diunduh sebelumnya pada playstore. Untuk melakukan penghapusan latar belakang, Anda terlebih dahulu harus import foto dengan memilih tombol Eraser.

Setelah foto berhasil di import, Anda dapat memotong foto tersebut lalu menghapus latar belakangnya secara manual maupun dapat dilakukan secara otomatis dengan fitur magic pada aplikasi tersebut. Setelah latar belakang foto berhasil dihilangkan dengan rapi, Anda dapat memilih option save untuk menyimpan hasil editing.

  • Mengunggah Stiker ke Dalam Aplikasi WhatsApp

Setelah mempersiapkan 3 foto yang ingin dibuat menjadi stiker, pastikan terlebih dahulu jika Anda telah mengunduh aplikasi Personal Sticker for WhatsApp pada Playstore. Langkah selanjutnya, Anda dapat membuka aplikasi WhatsApp dan memilih option emoji yang terdapat pada bagian kiri kolom ketik pesan.

Lalu Anda dapat memilih simbol “stickers” dan setelah itu akan muncul tampilan stiker pada aplikasi WhatsApp. Untuk menambahkan foto yang telah Anda persiapkan, Anda dapat memilih simbol “+” yang terdapat pada bagian pojok kanan atas. Lalu gulirkan layar Anda ke bawah dan pilih option “Get more stickers” untuk menambahkan foto yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Nantinya secara otomatis aplikasi Personal Sticker for WhatsApp akan terbuka dan Anda dapat menambahkan foto yang telah dipersiapkan dengan memilih opsi “Add”. Foto-foto yang telah ditambahkan ke dalam aplikasi Personal Sticker  for WhatsApp akan berubah menjadi bentuk paket yang dapat Anda gunakan langsung untuk aktivitas chatting Anda.

Walaupun tidak memiliki berbagai variasi stiker jika dibandingkan dengan stiker yang dimiliki oleh aplikasi Line, WhatsApp tetap memiliki keunggulan lainnya seperti stiker nya yang dapat digunakan dengan gratis dan Anda dapat membuat stiker sesuai keinginan Anda.

Bagaimana sudah siap untuk mencoba membuat stiker sendiri? Demikian pembahasan tentang cara membuat stiker WhatsApp di Android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *