Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju

Cara Menghilangkan Noda Kuning di Baju

Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan noda kuning di baju, di antaranya ada akumulasi bakteri saat sedang berkeringat, dan noda kuning tersebut juga dapat disebabkan oleh deodoran. Cara menghilangkan noda kuning di baju bisa saja tampak terlihat rumit, namun sebenarnya mempelajarinya sangatlah mudah dan cepat. Apa saja jenis kain yang Anda miliki, berikut ini kami sudah rangkum cara jitu dalam menghilangkan noda kuning di baju yang Anda bisa coba di rumah.

1. Gunakan pemutih terbaik, yaitu matahari.

Setelah Anda mencuci pakaian, sebaiknya Anda jangan keringkan pakaian dengan menggunakan mesin pengering. Gantunglah pakaian pada tali jemuran dan biarkan saja matahari yang melakukan pengeringan. Sinar matahari bisa membantu untuk memutihkan pakaian Anda tanpa meninggalkan bau dan bahaya pemutih. Oleh karena itu, sinar ultraviolet matahari bisa memecah ikatan kimia dalam noda yang terdapat di pakian.

2. Rendam pakaian dengan jeruk.

Jus lemon merupakan suatu pemutih yang sangat baik dan bisa membuat pakaian putih Anda menjadi lebih bercahaya dan menjadi terlihat baru kembali. Cara yang satu ini tidak akan berisiko terlalu tinggi dibandingkan dengan menggunakan bahan pemutih kimia.

Cara menghilangkan noda kuning di baju dengan jeruk ini cukup mudah Anda hanya perlu campurkan setengah cangkir jus lemon ke dalam 1 galon yang berisikan air panas. Aduk hingga rata dan rendam pakaian di dalamnya selama kurang lebih satu jam atau hingga semalam. Setelah itu, Anda bisa cuci bersih pakaian putih seperti biasanya.

Jus lemon juga dapat Anda gunakan dalam menghilangkan noda karat yang terdapat pada pakaian. Caranya, Anda oleskan jus lemon pada bagian noda karat kemudian taburkan krim tartar di atas jus tersebut. Lalu, gosokkan larutan di atas noda dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Kemudian cuci secara normal alias seperti biasa.

3. Cuka putih.

Cuka dapat menjadi teman terbaik untuk pakaian Anda. Bahan ini juga bisa membantu membuat pakaian Anda menjadi putih kembali. Selain itu, cuka juga bisa menghilangkan noda yang sulit diangkat hingga menghilangkan bekas bau badan pada pakaian Anda.

Caranya. Anda cukup mencampur 1/4 cangkir jus lemon dengan 1/2 cangkir cuka putih. Apabila baju putih Anda bau, maka Anda dapat menghilangkan bau dengan menambahkan 1 cangkir cuka ke mesin cuci selama siklus pembilasan terakhir.

4. Baking soda.

Soda kue atau natrium bikarbonat secara kimiawi terbilang sangat mirip dengan soda pencuci atau natrium karbonat. Selain bisa membuat baju Anda menjadi putih kembali, soda kue juga bisa menjadi pewangi alami.

Jadi pakaian Anda tidak hanya akan terlihat lebih cerah, tetapi juga mempunyai aroma segar. Baking soda juga merupakan antiseptik ringan, yang bisa membuat pakaian dan mesin cuci Anda terlindung dari pertumbuhan bakteri.

5. Gunakan deterjen alami.

Deterjen alami terdiri dari enzim nabati dan mineral alami yang bisa membantu membersihkan pakaian Anda dengan baik. Deterjen alami juga bisa menjaga pakaian Anda supaya selalu tampak bersih. Ketika dibuang setelah selesai, deterjen alami bisa terurai secara hayati dan tidak akan membuat polusi.

6. Tambahkan cairan biru.

Cairan yang satu ini bisa Anda beli di toko dan supermarket terdekat. Bahan yang dipergunakan untuk pakaian yang satu ini bisa membantu menghilangkan noda pada pakaian yang membandel. Tambahkan juga cairan kebiruan pada pakaian kuning. Jangan lupa untuk ikuti instruksi takaran pada kemasan. Biasanya hanya dengan 1/4 sendok teh atau 1/8 sendok teh saja sudah berhasil.

Nah, itulah cara menghilangkan noda kuning di baju yang bisa Anda terapkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *