Cegah Gejala GERD Datang Kembali dengan Menerapkan Kebiasaan-kebiasaan Ini!

Cegah Gejala GERD Datang Kembali

Normalnya makanan yang sudah dicerna atau masuk kedalam lambung nantinya akan langsung diolah, zat-zat yang berguna akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh, sedangkan yang tidak dibutuhkan nantinya akan langsung dibuang. Hanya saja memang ada kondisi yang terkadang membuat makanan tersebut justru dialirkan kembali secara berulang pada kerongkongan, tentunya disertai dengan kehadiran asam lambung. Kondisi yang satu ini dikenal juga sebagai penyakit GERD.

Gejala GERD yang paling jelas terasa adalah heartburn, yaitu rasa panas pada bagian kerongkongan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung tersebut. kemudian juga sering kali muncul rasa mual bahkan juga muntah sehingga menyebabkan penderitanya juga tidak nyaman dalam menjalani aktivitas. Kondisi tersebut tentunya akan semakin parah jika seandainya dibiarkan. Mengingat iritasi yang terjadi pada kerongkongan nantinya bisa memicu masalah yang lebih serius, bahkan juga tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kanker esofagus.

Penyakit yang satu ini dapat dicegah agar tidak sampai menyerang kembali dengan cara menerapkan beberapa kebiasaan baik berikut ini, yaitu:

  1. Hindari konsumsi daging secara berlebih dalam waktu singkat, pada dasarnya daging ini memang membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga Anda sebaiknya tidak mengonsumsi dalam jumlah yang besar sekaligus, dapat diimbangi dengan konsumsi buah-buahan dan juga sayuran.
  2. Hindari langsung tidur setelah makan, paling tidak berikan jeda waktu sekitar 2 jam sampai makanan benar-benar dicerna oleh tubuh, baru nantinya Anda bisa tidur. Karena kebiasaan langsung tidur setelah makan memang beresiko tinggi untuk membuat asam lambung kembali berbalik arah menuju kerongkongan.
  3. Menghindari makanan yang terlalu asam dan juga pedas, tak bisa dipungkiri bahwa kedua jenis makanan ini memang bisa menjadi moodbooster bagi sebagian orang. Hanya saja jika seandainya terlalu sering dikonsumsi dampaknya juga tidak begitu bagus, karena dapat memicu naiknya asam lambung kembali ke bagian kerongkongan.
  4. Menghindari kopi, alkohol dan juga minuman berkarbonasi, 3 jenis minuman tersebut juga kurang bagus dikonsumsi oleh mereka yang menderita GERD. Karena dapat melemahkan sfingter esofagus, sehingga tidak menutup kemungkinan jika nantinya cairan yang ada didalam lambung tersebut akan dikeluarkan dan naik ke bagian kerongkongan.
  5. Membatasi konsumsi makanan yang mengandung coklat, memang tak dapat dipungkiri jika hampir semua orang suka coklat, makanan manis yang akan membuat mood menjadi lebih baik. Hanya saja patut diketahui bahwa coklat ini mengandung senyawa methylxantine, senyawa tersebut mirip seperti kafein, sehingga akan memicu sfingter esofagus juga menjadi lemah. Ketika otot yang satu ini melemah, maka secara otomatis isi lambung juga dapat naik.
  6. Jaga berat badan tetap ideal, memiliki berat badan yang ideal tak hanya berpengaruh terhadap penampilan saja, melainkan hal ini juga ada hubungannya dengan kesehatan. Timbunan lemak yang berlebihan pada area perut dapat menyebabkan bagian sfingter esofagus melemah, sehingga secara otomatis isi yang ada pada lambung juga berpotensi untuk naik atau keluar.

Anda yang mudah mengalami stress sebaiknya juga harus mengelolanya dengan baik, karena hal ini juga bisa memicu gejala GERD kambuh. Apalagi ketika stress tubuh memang akan lebih banyak memproduksi asam lambung. Segera konsultasikan ke dokter seandainya Anda mengalami gejala tersebut. Jangan dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan yang tepat, atau nantinya Anda yang akan menyesal.

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2020. Understanding the Basics of GERD.

Web MD. Diakses pada 2020. Complications of Heartburn and GERD.

Promag.id. Diakses pada 2021. Mengenal Gerd Penyakit Milenial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *