Cari Tau Ciri-Ciri Tipes yang Perlu Diwaspadai

Tifus atau tipes merupakan penyakit yang bisa menular lebih cepat disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Konsumsi makanan atau minuman di luar yang tidak terjamin kebersihan bisa menyebabkan penularan penyakit demam tifoid ini. Di Indonesia, kasus penderita tipes bisa mencapai angka 100 ribu per tahun dengan angka kematian cukup tinggi. Satu dari orang yang mengalami ciri-ciri tipes dan tidak tertangani bisa mengalami kematian.

Gejala tipes yang perlu diketahui sejak dini

Ciri-ciri tipes bisa diketahui dari gejala penderita secara umum atau khusus antara lain :

Cari Tau Ciri-Ciri Tipes yang Perlu Diwaspadai

1. Demam tinggi

Penderita tipes akan mengalami demam antara 39 sampai 40 derajat celcius setiap hari, bahkan demam bisa lebih tinggi pada malam hari.

2. Nyeri otot, kelelahan dan lemas

Sudah mulai menunjukkan gejala kelelahan, lemas dan tidak bersemangat sejak minggu pertama terkontaminasi bakteri Salmonella typhi.

3. Sakit kepala, badan terasa meriang, berkeringat

Orang yang tertular tipes akan mengalami badan terasa tidak enak dan sakit kepala sejak minggu pertama hingga minggu kedua. Jika tidak segera mendapatkan pertolongan, gejala akan semakin parah seperti sering mengigau pada malam hari. Sering pula muncul bintik warna merah di area dada dan perut jika demam tifoid tidak segera ditangani pada minggu kedua ini.

4. Mengalami batuk kering dan mimisan

Biasanya gejala batuk kering dan mimisan pada penderita tipes terjadi pada minggu pertama.

5. Mengalami sakit perut dan penurunan berat badan

Jika anak-anak sering mengalami gejala tipes berupa diare tak kunjung sembuh, maka orang dewasa mengeluhkan sembelit atau tidak bisa BAB dengan lancar. Tinja berwarna kehijauan bisa menjadi pertanda tipes semakin memburuk dan perlu penanganan serius.

Penderita tipes perlu segera mendapatkan perawatan dari dokter agar tidak terjadi risiko yang merenggut nyawa. Pasalnya, pasien akan mengalami masalah lebih serius seperti pendarahan pada usus, pembengkakan pada ginjal dan pecahnya usus pada minggu ketiga tanpa penanganan.

Gejala atau ciri-ciri tipes memasuki fase berbahaya sering muncul saat penderita tidak mendapatkan penanganan pada minggu ketiga. Meski suhu tubuh alami penurunan, gejala yang lebih membahayakan nyawa mulai muncul. Lakukan pemeriksaan ke dokter bila menemukan indikasi tertular demam tifoid sejak awal inkubasi bakteri Salmonella typhii, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *