Deadline atau Dateline? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Deadline atau Dateline? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa deadline atau dateline sama. Meskipun mempunyai pengucapan yang hampir sama, namun makna yang terkandung di kedua kata tersebut sedikit berbeda. Berdasarkan google penerjemah, kata deadline lebih dimaksudkan pada batas waktu mengerjakan sesuatu, sedangkan dateline lebih menggambarkan pada garis penanggalan. Namun begitu, masyarakat Indonesia sering mengartikannya sama, batas akhir mengerjakan sesuatu. Simak berikut ini!

DEADLINE

Pada dasarnya, deadline merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Namun, karena sudah sangat sering digunakan masyarakat Indonesia dengan pencampuran dalam kalimat Indonesia. Tak ayal kata ini seakan seperti sudah menjadi bagian dari kata Indonesia. Secara bahasa Indonesia, deadline mempunyai arti batas waktu akhir memasukkan tugas atau pekerjaan. Contoh penerapan kata deadline berikut ini

1. Deadline untuk penyerahan hasil laporan hanya sampai hari ini pukul 00.00.
2. Banyak karyawan yang tidak mampu memenuhi deadline yang sudah ditetapkan.
3. Pekerjaan ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang bisa bekerja dengan sistem deadline.

Itulah sekilas tentang makna deadline sekaligus penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang, kata ini mungkin sudah tidak asing. Bahkan, sudah sering menggunakannya dalam percakapan setiap harinya bersama dengan teman maupun relasi kerja. Namun, bagi orang awam, tidak semuanya mengetahui maksud dari kata tersebut.

DATELINE

Dateline adalah teks yang berisi sebuah keterangan singkat dalam suatu artikel berita. Isinya akan mencantumkan mengenai dimana dan kapan berita/cerita tersebut terjadi, dilaporkan, atau ditulis. Walau untuk tanggalnya sendiri sering tidak dituliskan. Apabila artikelnya diterbitkan ulang dari jejaring sindikat berita, maka untuk organisasi penyalur juga dicantumkan (meski yang pertama kali merilis tidak perlu ditampilkan).

Dari segi tradisional, dateline ditempatkan pada baris pertama teks artikel, sebelum kalimat pertama. Nama dari tempat ditulis terlebih dahulu, biasanya dimulai juga dengan nama kota di mana pewarta tersebut menuliskan atau menyampaikan laporannya. Nama kota ini biasanya akan dicetak di dalam huruf kapital, walaupun ini juga dapat beragam antar satu media dengan lainnya.

Selanjutnya diikuti yaitu nama regional dan/atau nama negara dari kota tersebut, namun bisa saja tidak dicantumkan apabila nama kotanya sudah luas dikenal. Setelah itu, disusul lagi dengan tanggal berita, diikuti juga dengan tanda baca strip dalam apitan spasi kosong ( – ). Setelah itu tuliskan isi artikel itu sendiri. Sebuah dateline pada surat kabar umumnya seperti berikut ini!

1. BANDUNG, Indonesia, 5 Juni – Program #ReboNyunda yang dicanangkan …

Berita yang sama apabila misalnya diambil dari layanan Associated Press (AP) maka akan tampil sebagai berikut.

2. BANDUNG (AP) – Program #ReboNyunda yang dicanangkan …

Dateline dapat juga berbentuk tidak biasa. Saat para reporter bekerjasama dengan meliput sebuah berita, mungkin saja akan dicantumkan dua lokasi yang berbeda. The Associated Press misalnya tidak akan menuliskan pada dateline “ketika sebuah liputan disusun dari sumber-sumber di berbagai penjuru daerah berbeda”. Pada kasus lain, lokasi tentu mungkin saja tidak diketahui atau memang dengan sengaja tidak dicantumkan secara persis, misalnya di dalam liputan operasi militer saat melaporkan dari kapal perang di samudera atau sedang bergerak dengan mengikuti pasukan tempur.

Perbedaan Dari Kata Deadline dan Dateline.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas sudah sangat terlihat jelas terlihat perbedaan istilah dari kedua kata ini yaitu deadline atau dateline. Kata deadline biasanya akan digunakan seperti dalam pengumpulan tugas, presentasi, skripsi, atau bisa juga pengumpulan laporan pekerjaan, sedangkan kata dateline biasanya dipakai di sebuah artikel atau surat kabar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *