Inilah Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

Inilah Gejala Penyakit Tipes yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

Gejala tipes yang kerap muncul dalam kondisi tertentu seringkali bisa disebabkan karena bakteri-bakteri yang ada pada makanan dan minuman saat jajan sembarangan. Lalu seperti apa sih gejala penyakit tipes? Sebelum itu ketahui dulu apa itu tipes?

Apa itu tipes?

Dilansir dari who.int, bakteri Salmonella typhi adalah penyebab timbulnya penyakit tipes. Perlu Anda ketahui bahwa kuman mampu bertahan hidup di tubuh manusia. Biasanya saat penderita sudah terserang bakteri jenis ini, akan langsung ditemukan di dalam pembuluh darah dan saluran pencernaan.

Penyakit tipes diketahui banyak sekali terjadi di negara-negara berkembang, seperti Afrika, India, termasuk Indonesia. Tipes memang banyak sekali dialami oleh anak-anak. Hal ini bisa membahayakan nyawa jika tidak ditangani secara cepat dan baik.

Apa bedanya tipes dan gejala tipes?

Sebenarnya antara tipes dan gejala tipes merupakan penyakit yang sama. Penyakit tersebut memang sama-sama diakibatkan oleh bakteri bakteri Salmonella typhi. Namun, ketika Anda melakukan pemeriksaan penyakit ke dokter, lebih sering disebut sebagai gejala tipes.

Hal tersebut terjadi karena Anda akan merasakan beberapa gejala-gejala dari tipes. Biasanya dokter perlu mendiagnosis lebih lanjut dengan melakukan tes darah, feses, urine, atau bisa juga sampel sumsum tulang.

Penyakit ini akan timbul setelah 1-2 minggu sejak bakteri masuk ke dalam tubuh. Saat bakteri sudah masuk melalui mulut, kemudian akan menghabiskan waktu sekitar 1 sampai 3 minggu di dalam usus.

Selanjutnya, bakteri ini akan masuk ke dalam aliran darah dengan menembus dinding usus. Dari aliran darah tersebut, kemudian bakteri langsung menyebar dengan cepat ke dalam jaringan dan organ tubuh. Langsung saja kita bahas gejala penyakit tipes yang perlu Anda waspadai.

1. Demam

Ketika Anda mengalami gejala tipes biasanya sering mengalami demam yang cukup tinggi. Gejala ini timbul karena adanya hasil dari proses peradangan dalam tubuh. Hal ini dipicu karena sistem imun sedang melawan infeksi bakteri Salmonella Typhi. Namun demam yang Anda rasakan pastinya tidak langsung tinggi. Biasanya akan meningkat secara bertahap setiap harinya. Demam ini bisa mencapai 35° hingga 40º Celsius.

2. Sakit kepala

Gejala terakhir yang seringkali dirasakan yaitu sakit kepala. Gejala timbul yang biasanya disertai dengan demam tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa ketika demam terjadi itu akan menjadi pertanda bahwa tubuh tengah kesulitan mengatur suhu tubuh. Demam bisa memicu pelepasan zat-zat kimia peradangan yang dapat memicu sakit kepala.

3. Berkeringat banyak

Akibat panas yang semakin tinggi setiap harinya, tentu tubuh Anda akan mengalami perubahan suhu tubuh yang menimbulkan keringat. Anda akan merasakan mudah berkeringat meskipun tidak melakukan banyak aktivitas gerak. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya keringat tersebut akan membantu mengembalikan suhu tubuh yang normal.

4. Pencernaan yang terganggu

Tipes memang infeksi yang menyerang bagian pencernaan, terutama usus. Salah satu gejala yang sering kali terjadi yakni diare atau sembelit. Bagian pencernaan yang mengalami infeksi ini kemudian tidak mampu mencerna makanan dengan baik. Hal tersebut tentu saja berakibat pada proses penyerapan air yang ikut terganggu.

5. Sakit perut

Ketika menderita gejala tipes biasanya Anda juga akan mengalami diare yang diakibatkan dari virus S. thypi. Selama Anda membiarkan infeksi menyerang sistem pencernaan, tentu saja perut akan terasa sangat sakit. Saat ini terjadi sistem pencernaan akan meminta otak untuk memicu otot usus agar feses bisa segera dikeluarkan.

6. Hilangnya nafsu makan

Salah satu gejala tipes lainnya yang akan Anda rasakan yakni hilangnya nafsu makan. Hal ini terjadi pada atas bentuk respons tubuh saat sistem imun melawan bakteri penyebab infeksi tersebut. Selain itu, terjadinya diare saat gejala tipes menyerang juga akan membuat Anda cenderung malas makan.

Nah, itulah gejala penyakit tipes yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *