Tak Ada Waktu Membuat Sarapan? Andalkan Menu Sarapan Praktis Untuk Anak Berikut ini!

Tak Ada Waktu Membuat Sarapan? Andalkan Menu Sarapan Praktis Untuk Anak Berikut ini!

Seperti yang kita ketahui, kesibukan anak pada pagi hari dan jam sekolah yang menuntut untuk harus bergegas berangkat. Terkadang sulit bagi para ibu untuk menyajikan dan membiasakan anak agar bisa sarapan pagi. Padahal sarapan pagi yang sehat dapat menjadi sebuah bekal energi dan dapat menunjang performa anak di setiap aktivitas di sekolah. Apakah Anda masih bingung ingin menyajikan menu sarapan praktis untuk anak? Simak panduan untuk membuat sarapan sehat dan praktis untuk anak berikut ini!

Sarapan pagi yang sehat adalah cara terbaik agar bisa memberikan tubuh asupan energi yang tentunya dibutuhkan anak untuk beraktivitas seharian penuh setelah semalaman tanpa makan ketika tidur. Sarapan pagi juga dapat menjadi sebuah sumber kekuatan otak dan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan daya ingat, menganalisis sesuatu, dan membantu anak untuk berkonsentrasi dalam belajar di sekolah.

Selain itu, sarapan pagi adalah cara terbaik agar bisa membantu menjaga berat badan yang sehat pada anak. Seorang anak yang teratur makan sarapan mempunyai risiko lebih kecil dalam mengalami kegemukan.

Pasalnya, anak yang tidak sarapan di pagi hari malah akan merasa lapar sebelum waktu makan siang. Dan tak jarang mengonsumsi lebih banyak kalori dari cemilan. Yang bahkan bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau bahkan obesitas. Jika sering melewatkan sarapan, maka bisa membuat anak menjadi mudah rewel dan lelah.

Untuk menyajikan sarapan pagi yang praktis dan tidak akan membutuhkan waktu lama bagi anak, maka ibu bisa menyajikan sereal, oatmeal dan susu. Jenis makanan seperti ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat menyehatkan dan juga bisa membantu tumbuh kembang anak.

Sereal

Sereal pada umumnya terbuat dari olahan biji-bijian. Pada dasarnya sereal disajikan dengan susu, buah atau kacang-kacangan. Sereal kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Susu juga memiliki kandungan banyak protein, vitamin dan mineral. Selain sangat menyehatkan, kandungan kalium, kalsium, dan magnesium yang terdapat pada susu bisa membantu untuk menurunkan risiko hipertensi.

Untuk sarapan pagi yang menyehatkan, Anda bisa memilih produk sarapan sereal yang memiliki kandungan serat tinggi dan kandungan gula yang rendah. Jangan lupa juga untuk perhatikan saran porsi dan penyajiannya.

Sereal bar

Sereal bar atau camilan yang berbentuk batangan bisa juga Ibu berikan pada anak jika Ibu sedang terburu-buru dan tidak bisa menyiapkan makanan. Pastikan Ibu memilih camilan batangan yang mempunyai kandungan protein dan serat tinggi, serta terbuat dari gandum utuh atau biji-bijian.

Jangan lupa untuk memilih yang kandungan gulanya rendah. Agar bisa menambah asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, Anda dapat memberikannya yoghurt atau susu sebagai pelengkap untuk mengkonsumsi sereal bar tersebut.

Sarapan pagi yang sehat sebenarnya tidak terbatas hanya dengan menu seperti itu saja. Ibu sangat perlu memikirkan pengaruh kebiasaan, sosial budaya dan ketersediaan dari bahan disekitar.. Dan dalam yang satu ini, kreativitas orang tua sangat berperan penting dalam mengkombinasikan menu dan menanamkan kebiasaan sarapan yang baik agar bisa menunjang kesehatan serta prestasi anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *