Tips Cara Membersihkan AC Mobil Agar Tetap Dingin

Cara Membersihkan AC Mobil – Bisa dibilang AC pada mobil merupakan komponen terpenting yang menunjang fitur kenyamanan, sudah bisa dibayangkan bila mobil kita AC nya rusak atau bahkan mati. Pastinya akan sangat tidak nyaman rasanya jika mengendarai mobil di Indonesia dengan kondisi AC yang mati, maka dari itu untuk mengurangi kerusakan pada AC tau setidaknya meminimalisir kondisi tersebut maka perlu kamu lakukan beberapa tindakan dan perawatan supaya AC bisa berjalan dengan optimal dan bekerja sebagaimana mestinya.

Hampir yang semua mobil baru yang berada di pasaran pastinya sudah menggunakan AC baik itu AC 2 pintu atau 4 pintu bahkan lebih, pastinya membutuhkan cara merawat ac mobil yang benar untuk menghasilkan AC yang selalu prima. Salah satu hal ter simple dalam menjaga AC supaya tetap bersih adalah dengan memperhatikan kebersihan interior kamu, jadi usahakan jika kamu sedang membawa sesuatu yang sekiranya kotor atau itu memiliki bau yang menyengat sebaiknya matikan saja AC yang ada di Mobil.

Meskipun sudah banyak tersedia tempat untuk servis AC terbaik namun dengan melakukan perawatan tersebut setidaknya membuat ac mobil tetap prima, dan pastinya Cara merawat ac yang benar dimulai dari kita menggunakan komponen tersebut.

Seperti kita ketahui AC Mobil memang tidak terlalu begitu berpengaruh terhadap performa dapur pacu, ada banyak tips dan cara membersihkan AC mobil yang akan kami sampaikan kepada kamu. Nah tanpa berlama-lama lagi berikut adalah Tips Cara Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin selamat mencoba.

Tips Cara Membersihkan AC Mobil Agar Tetap Dingin

1. Kebersihan Kabin

Tips Cara Merawat AC mobil yang pertama adalah dengan cara menjaga kebersihan kabin mobil dari kotoran dan debu, kabin motor yang kotor berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil.

Upayakan selalu membawa barang-barang yang bersih serta saat memarkir kendaraan usahakan selalu menutup jendela mobil supaya nantinya tidak ada kotoran atau debu yang masuk, selain itu usahakan saat membersihkan bagian-bagian mobil seperti jok dan lainnya usahakan AC dalam kondisi mati.

2. Kondensor

Selanjutnya dalam tips merawat ac mobil yang benar adalah dengan performa kondensor, usahakan melakukan perawatan berkala pada bagian kondensor AC, kalau perlu bisa mencuci kondensor untuk menghilangkan debu yang melekat dalam kondensor. Fungsi kondensor yang sangat penting ini biasanya akan sedikit terlupakan atau bahkan untuk kamu yang malas membersihkan kondensor, mungkin bisa dimulai dengan cara saat mencuci mobil luangkan sejenak waktu untuk melihat kebersihan kondensor.

3. Filter Kabin

Filter kabin juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan AC mobil, maka dari itu sobat bisa merawatnya dengan cara membersihkan, atau pada saat di servis AC mobil kamu wajib menanyakan kondisi filter kabin kendaraan kamu. Tanyakan tentang kebersihannya serta pergantian berkala bisa memang sudah saatnya diganti, selain itu karena pemasangannya cukup ribet maka usahakan memasang filter kabin kepada tukang servis yang sudah terbiasa melakukan pergantian filter kabin mobil kamu secara berkala.

4. Pengharum Ruangan

Banyak yang belum tahu bahwa pengharum ruangan tidak bisa sembarangan masuk kedalam mobil, banyak yang acuh dengan hal ini dan bahkan tidak tahu, sebenarnya pengharum mobil ini masuk kedalam cara merawat AC yang benar karena tidak semua pengharum ruangan cocok untuk mobil kamu. Maka dari itu kami sangat merekomendasikan membeli pengharum ruangan yang dikhususkan untuk mobil, jangan sekali-kali menggunakan pengharum ruangan rumah untuk mengharumkan ruangan kabin mobil kamu.

5. Rpm Mobil

Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah dengan selalu menjaga RPM mobil, putaran Rpm yang kecil juga akan sangat berpengaruh terhadap performa ac mobil, maka dari itu perhatikan hal sepele yang bisa merusak AC jika selalu salah dalam menggunakannya.

Belum banyak dari kamu yang memperhatikan Rpm mobil saat menggunakan AC sebenarnya hal ini sangatlah berpengaruh besar untuk menjaga agar AC tetap dalam kondisi baik, maka dari itu seringlah mengecek kondisi RPM mobil kamu supaya terhindar dari kerusakan ac.

6. Servis Berkala

Selanjutnya untuk cara merawat ac yang baik adalah dengan melakukan service ac berkala, untuk kamu yang malas atau juga tidak tahu mengenai kinerja ac maka melakukan servis berkala adalah hal yang paling tepat.

Jangan lupa meskipun sudah diservis sobat wajib menanyakan beberapa elemen yang ada pada ac mobil sobat mungkin membutuhkan pergantian ataupun juga perawatan yang lebih, jangan sungkan juga minta tips menjaga performa ac agar menjadi lebih baik dan tidak gampang rusak.

7. Penggunaan Yang Benar

Yang terakhir dalam cara merawat ac mobil yang benar adalah dengan melakukan penggunaan yang benar, salah satu penggunaan yang benar adalah dengan cara memahami fitur ac tersebut serta bisa menggunakannya dengan benar, selain itu dalam menggunakan ac juga perhatikan beberapa hal.

Salah satunya adalah dengan tidak merokok saat di dalam mobil atau sobat bisa mematikan ac mobil bila ingin merokok itu pun sebenarnya tidak kami dianjurkan karena akan sedikit berefek buruk, biasanya Asap rokok masih bau di dalam kabin motor.

Memilih parkir di tempat yang sejuk pastinya juga menjadi opsi yang tepat untuk menjaga AC agar tetap prima baik saat parkir di ruangan terbuka atau tertutup usahakan memilih tempat yang tidak kotor lembab dan berbau menyengat, selain itu usahakan juga di garasi tempat mobil kamu tidak terdapat bau yang menyengat serta selalu dalam kondisi bersih, nah demikian informasi mengenai Tips Cara Membersihkan AC Mobil Agar Tetap Dingin semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *